Jumat, 10 Desember 2010

LOGIKA Itu apa ya ???

Buat Temn2 yg Kuliahx b'hubungan dgn IT "computer"... Sudah pasti istilah LOGIKA itu dah g asing lagi.. kan MAT-KUL favorite qta hehehhee ^_^

Jadi defenisi LOGIKA itu baxak bnget...
nich.. ada beberapa
ada yg bilang

1. Logika adalah sesuatu yg dapat di terima oleh nalar manusia
2. Logika adalah cara berfikir yg Logis atau memikirkan sesuatu dengan benar yang sesuai dgn realita
3. Logika adalah Sesuatu yang dapat d buktikan kebenarannya
dan masih banyak lagi defenisi LOGIKA.. yang lainnya tp buat aq apapun itu jika qta berfikir secara fakta itulah logika karena LOGIKAKU DAN LOGIKAMU ADALAH SAMA-SAMA LOGIKA hehehhe jadi ingat kata Dosen Kerenq dulu Pak Irwan M
yang juga mengatakan bahwa LOGIKA itu Proses membentuk kesimpulan / Interferensi berdasar fakta yang sudah ada.

Jadi mari Qra berlogika Yuck ^_^

Aq cuma kan berbagi apa yg ada dalam Otak Dangkal ini ^_^... mengenai 2 Macam LOGIKA

LOGIKA PROPOSISI
    Proposisi adalah suatu pernyataan yang dapat bernilai benar (T) atau (S).
  1. Misalnya ada simbol-simbol P dan Q yang biasa di sebut dengan Proposisi. Dua atau lebih proposisi dapat digabungkan dengan menggunakan operator logika:
  • Konjungsi   :    ^ (and);
  • Disjungsi    :   v (or);
  • Negasi       :   ¬(not);
  • Implikasi    :  → (It-then);
  • Ekuivalensi :  ↔
  1.  Operator AND Jika kedua proposisi Benar (T) maka hasil yang diperoleh Benar (T) Selain dari pada itu hasilnya salah (F)
  2.  Operator OR kebalikan dari operator AND Jika kedua proposisi Salah (F) maka hasil yang diperoleh Benar (F) Selain dari pada itu Benar (T)
  3. Operator NOT diberikan untuk memberi nilai negasi (lawan) dari pernyataan yang telah ada atau kebalikan dari pernyataan sebelumnya. Jika proposisi awa Benar (T) maka hasil Salah (F) begitu pula sebaliknya.. "namax juga kebalik" hehehehe ^_^
  4. Operator Implikasi Jika P maka Q akan menghasilkan nilai salah jika P benar dan Q salah " maksudx jika sesuatu yang benar (P) berubah menjadi salah (Q) maka hasilnya SALAH.. Selain dari pada itu Benar (T).
  5. Ekuivalensi akan menghasilkan nilai BENAR jika P dan Q keduanya benar atau salah. Selain dari pada itu Salah.
LOGIKA PREDIKAT
     Logika Predikat digunakan untuk merepresentasikan hal-hal yang tidak dapat direpresentasikan dengan menggunakan logika proposisi.

Ehm.. sampai di sini dulu ya teman2.. Soalx Otakq yang dangkal ini hanya bisa menerima materi sampai disini..  Semoga bermanfaat buat siapa saja yang membaca...
" Aq hanya manusia biasa dan hanya kata dan lirik yang mampu Q ucapkan.. Semoga dari setiap kata yang keluar bermanfaat buat yg membaca dan mendengarx "

2 komentar: