Kamis, 02 Desember 2010

Perangkat Keras Jaringan Komputer

PERANGAKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER


 

Banyak sekali peralatan komputer dan untuk memberikan gambaran hanya yang terpenting saja yang bisa kami bahas dalam BLOG ini ^_^ :
  • TARMINAL
Terdapat lima jenis terminal dan keyboard adalah terminal umum dan yang paling populer
  • TERMINAL KEYBOARD 
Adalah terminal input yang sangat populer  di antara pemakai komputer user dapat menggunakan keyboard mengentri data memberikan instruksi tertentu untuk memeberikan laporan.
  • TERMINAL TELEPHON TOMBOL
Komputer juga dapat dilengkapi dengan alat respon Audio, dapat mengirimkan pesat yang dapat di dengar oleh pemakai di telephone tombol. Penekanan tombol digunakan untuk mengirimkan data dan Intruksi ke komputer.
  • TERMINAL TITIK PENJUALAN ( point of sale )
kita juga melihat bagaimana pembaca characer optic digunakan pada pasar swalayan. Terminal ini menyediakan cara memasukkan data transaksi kedalam database pada saat penjualan. karena fungsi dan alasan tersebut Terminal ini di namakan terminal point of sale ^_^
  • TERMINAL PENGUMPUL DATA
Suatu jenis terminal dirancang untuk digunakan oleh pekerja pabrik. Alat yang dikenal sebagai terminal pengumpul data ( data collection terminal ) digunakan untuk mengumpulkan data menjelaskan kehadiran dan kinerja kerja pegawai. alat OCR digunakan untuk membaca karakter dan document yang menyertai pekerjaan yang berjalan didalam pabrik.
  • TERMINAL KHUSUS
Yaitu terminal yang dirancang khusus untuk keperluan tertentu secara cash register yang dilengkapi dengan tombol-tombol khusus. satu tombol untuk satu jenis penjual
  • N I C  ( Network Interface Card )
      Kartu jaringan atau LAN CARD dipasang pada setiap komputer yang dihubungkan ke suatu jaringan komputer. Banyak jenis dan mrek kartu jaringan yang tersedia di pasar. Namun beberapa hal pokok yang perlu diketahui dari kartu jaringan yaitu Tipe kartu ISA atau PCI dengan kecepatan 10 atau 10/100 Mbps, Harus di sesuaikan dengan tipe ETHERNET HUB atau SWITCHING yang akan digunakan jenis protocol dan jenis kabel yang didukungnya disamping itu juga mengesampingkan kwalitas produk.
       Komputer jenis terbaru tidak dilengkapi dengan slot ISA bahkan Network Interface umumnya merupakan Onboard system artinya sudah tersedian pada mainboard sehingga tidak perlu lagi di pasang LAN CARD. Sesuai dengan besarnya tingkat kebutuhan akan jaringan komputer, sudah banyak mainboard komputer jenis terbaru dilengkapi kartu jaringan secara on board. Kwalitasnya baik namun penulis beranggapan lebih baik menggunakan kartu jaringan yang terpisah. salah satu keuntungannya ialah dapat memilih mrek tertentu dan mudah diganti apabila terjadi kerusakan.
  • HUB atau CONCENTRATOR
      Hab adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghungkan banyak Node atau titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. Jika jumlah port yang tersedian tidak cukup utnuk menghubungkan semua komputer yang dihubungkan kedalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link.
      Port yang tersedian biasanya 8,16,24, atau lebih banyak sesuai kebutuhan anda. Untuk kecepatan anda bisa menggunakan Hub 10 atau switch 10/100. sebaiknya menggunakan 10/100 karena dapat digunakan untuk jaringan berkecepatan maksimal.10 atau 100 ada yang mendukung penggunaan kabel coax yang mendukung topolodi BUS dan UTP yang mendukung TOPOLOGI STAR. Namun tipe terbaru cenderung hanya menyidiakan dukungan untuk penggunaan kabel UTP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar